Bagaimana Struktur pada Lampu Jalan Solar Cell? Inilah Ulasannya

Penerangan Jalan

Keberadaan lampu jalan solar cell memang semakin mudah untuk anda temukan. Kini banyak lampu solar cell murah. Di perkotaan sendiri, lampu ini sudah banyak dimanfaatkan sebagai penerangan khususnya pada malam hari. Anda pastinya juga bertanya-tanya apa itu lampu jalan solar cell bukan? agar lebih jelasnya Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini.

Lampu jalan solar cell

lampu jalan solar cell atau dikenal sel surya merupakan sebuah lampu yang akan memanfaatkan cahaya matahari. Dimana cahaya matahari tersebut akan dikonversikan menjadi energi listrik. Cahaya yang dihasilkan dari penggunaan lampu ini juga cukup terang dan maksimal.

Sang surya sendiri juga bisa dianalogikan sebagai sebuah divais yang dilengkapi dengan dua terminal atau sambungan. Dimana ketika berada pada kondisi gelap akan memiliki fungsi sebagai dioda. Sedangkan ketika disinari dengan cahaya matahari mampu menghasilkan tegangan.

Bagaimana struktur dalam solar cell

Seiring dengan adanya perkembangan teknologi, tidak bisa dipungkiri apabila berbagai macam jenis teknologi sel surya pun bermunculan dimana terdiri dari struktur atau bagian penyusun yang berbeda. bagi Anda yang penasaran apa saja struktur yang terdapat pada lampu jalan solar cell. Anda bisa langsung menyimak ulasan di bawah ini

  1. Metal backing 

Merupakan material yang berfungsi untuk menopang semua komponen yang terdapat di dalam solar cell. Material ini sendiri juga harus memiliki konduktivitas listrik yang cukup baik karena fungsinya sebagai kontak terminal positif terhadap sel surya. Pada umumnya material ini akan menggunakan bahan metal atau logam seperti molybdenum atau aluminium.

  1. Material semikonduktor 

Adapun material lainnya yang terdapat pada sel surya tersebut yaitu material semikonduktor. Material ini sendiri merupakan material yang penting di dalam sel surya. Biasanya memiliki ketebalan hingga beberapa ratus mikrometer. Fungsi dari adanya material ini adalah untuk menyerap cahaya dari sinar matahari.

  1. Kontak metal 

Merupakan material yang berfungsi sebagai kontak positif biasanya akan dilapisi oleh material metal ataupun konduktif transparan.

Penggunaan lampu jalan solar cell memang semakin berkembang dengan cepat. Mengingat saat ini banyak orang yang membutuhkan teknologi terkini yang ramah terhadap lingkungan.

Bagaimana Struktur pada Lampu Jalan Solar Cell? Inilah Ulasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top