Tips Perawatan Genset Agar Tahan Lama

manfaat silent

Kebutuhan dari distributor genset Semarang terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini ditinjau dari meningkatnya industri yang memerlukan alat ini. Genset menjadi jawaban bagi para pelaku industri sebagai antisipasi jika PLN memadamkan listrik atau mengalami gangguan teknis. Genset dapat menjadi cadangan listrik agar kegiatan produksi tetap berjalan sehingga tidak menyebabkan kerugian bagi industri tersebut.

Genset merupakan kombinasi dari sistem Main Stator, Exciter, Rotor, dan Automatic Voltage Regulator (AVR). Genset dibuat pertama kali oleh Rudolf Diesel dan Faraday pada tahun 1831 yang terus berevolusi sesuai perkembangan jaman dan teknologi. Agar performanya selalu prima, genset perlu diperlakukan dengan baik agar terjaga performanya. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat genset.

Menempatkan Genset di Tempat Kering

Genset tidak boleh ditempatkan secara sembarangan karena akan berbahaya, terutama jika terkena air dapat menyebabkan alat ini rusak. Selain itu, genset yang terkena air juga dapat menimbulkan sengatan listrik

Menjaga Kebersihan Genset

Genset harus terjaga kebersihannya dengan baik. Anda dapat membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada alat tersebut seperti minyak, debu, dan lain-lain. Hal ini perlu dilakukan supaya genset tidak mudah rusak.

Mengganti Spare Part Genset

Sparepart atau suku cadang genset yang telah termakan usia atau aus wajib diganti supaya tidak berpengaruh terhadap bagian lainnya. Ini merupakan salah satu hal yang penting untuk merawat genset. Distributor genset Semarang menyediakan persewaan dan layanan perbaikan untuk berbagai macam genset.

Ruang Penyimpanan Genset Memiliki Sirkulasi Udara Baik

Genset memiliki gas buang atau emisi dari pembakaran bahan bakar. Jika sirkulasi ruangan kurang baik, gas emisi tersebut sangat berbahaya jika dihirup oleh manusia. Selain itu, hal ini juga akan menyebabkan genset mudah panas.

Memastikan Ketersediaan Bahan Bakar

Sebelum digunakan, pastikan bahan bakar terisi penuh atau cukup agar genset dapat berfungsi dengan normal. Jika tangki bahan bakar kering, hal ini dapat berbahaya jika menyalakan genset.

Melakukan Pemanasan Berkala

Agar tetap prima, barang dari distributor Genset Semarang perlu dipanaskan secara berkala. Caranya nyalakan genset selama beberapa menit untuk memastikan sistem pelumasan oli berjalan dengan baik. Dengan cara ini, genset akan siap digunakan kapan saja.

Tips Perawatan Genset Agar Tahan Lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top