8 Kiat Menggunakan Genset Silent Untuk Pemula

lampu dari genset

Anda baru saja membeli genset silent untuk digunakan di rumah, dan tidak tahu bagaimana caranya, maka ini akan menjadi ulasan yang tepat. Ulasan kali ini akan membahas tentang beberapa hal yang harus Anda lakukan, untuk menggunakan alat tersebut, antara lain :

  1. Periksa Bahan Bakar

Untuk tahap paling awal sebaiknya periksa ketersediaan bahan bakar, sesaat sebelum Anda menggunakan alat tersebut. Isi secukupnya saja, jangan terlalu penuh dan jangan terlalu sedikit.

  1. Periksa Pelumas Mesin 

Berikutnya, cek juga ketersediaan Oli atau pelumas lainnya yang terisi penuh. Pelumas yang digunakan, umumnya oli tipe SAE 20-40, dari berbagai merek.

  1. Periksa Kondisi Accu

Jika kedua hal tersebut, sudah diperiksa, berikutnya cek dengan menyalakan tombol start nya. Jika kondisi mesin Genset Silent masih baik, maka akan langsung menyala. Jika tidak, kemungkinan accunya dalam kondisi kurang baik.

  1. Periksa MCB Pembebanan Listrik 

Cek juga MCB pembebanan listrik yang ada, jangan sampai arus yang nantinya akan dialirkan listrik, jadi bermasalah dan hingga mengakibatkan short listrik, atau arus pendek. Termasuk didalamnya kabel yang menopang beban arus listrik. Dalam hal ini pastikan MCB panel yang menuju generator serta saklar PLN, OFF.

  1. Menyalakan Genset Bensin 

Setelah tahapan yang ada di atas, Anda lakukan, berikutnya adalah mengecek komponen pendistribusian arus. Dalam hal ini Anda dapat memperhatikan bagian chek genset, posisi saklar, dan yang lainnya.

  1. Menyalakan Genset Diesel 

Sebelum dinyalakan, pastikan posisi stop kontak pada posisi on, lalu biarkan sejenak. Lalu cek voltase pada display, sebaiknya  12V atau 24V, tergantung dari accu yang digunakan.

  1. Pemanasan 

Sebelum digunakan, biarkan mesin menyala selama sekitar 5 hingga 10 menit. Agar mesin panas, dan kinerja mesin stabil.

  1. Mematikan Genset

Apabila Anda sudah selesai, dan ingin mematikan genset, sebaiknya matikan secara berurutan, mulai dari mematikan saklar MCB/ Breaker pembebanan, pada posisi off. Berikutnya, biarkan selama ± 5 menit, agar putaran mesin generator dapat menghabiskan gas buang. Terakhir pastikan kontak mesin pada posisi OFF.

Walaupun langkah yang disebutkan terlihat panjang, namun dengan melakukan tahapan-tahapan tersebut diatas secara rutin, akan membuat kinerja mesin genset silent jadi lebih awet.

8 Kiat Menggunakan Genset Silent Untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top