3 Manfaat Conversational Commerce Untuk Bisnis Anda!

Ilustrasi Conversational Commerce

Istilah conversational commerce, memang baru dikenal sejak tahun 2015 yang lalu, oleh Chris Messina. Namun istilah yang satu ini, memberikan banyak sekali manfaat bagi keberlangsungan sebuah e-commerce, dalam membangun bisnis yang dibuatnya jadi lebih baik dari sebelumnya.

1. Membangun hubungan lebih dekat dengan para pelanggan

Dengan adanya layanan conversational commerce tersebut, maka pihak konsumen, dapat melakukan interaksi langsung dengan pihak penjual, secara aktif. Mulai dari membantu pelanggan menemukan produk yang diinginkan, memberikan respon yang diinginkan pelanggan, dan yang lainnya. Hasilnya hubungan antara pelanggan dan penjual akan terus meningkat. Pihak penjual, atau brand mampu memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan, bukan tidak mungkin pelanggan akan merasa puas, dan akan terus belanja di tempat tersebut.

Jadi interaksi yang dilakukan oleh conversational commerce ini tidak hanya fokus pada mudah untuk melakukan belanja, namun juga mampu membangun emosional tertentu dengan pihak pelanggan.

2. Lebih hemat waktu

Ketika brand atau bisnis online Anda, sudah mempunyai fitur live chat, maka para pelanggan, akan mudah untuk bertanya. Walaupun live chat yang digunakan menggunakan layanan chatbot, namun tetap saja, pihak pelanggan merasa senang, karena pertanyaannya dapat dijawab secara cepat.

Dibanding beberapa tahun yang lalu, ketika pelanggan mengajukan pertanyaan, yang hanya bisa dikirim via email. Sudah pasti jawaban yang akan diberikan terbilang lama, bahkan pelanggan harus menunggu hingga beberapa hari. Teknik pemberian informasi ini selain lama, membuat pihak pelanggan bosan, dan pastinya kurang efisien.  

Artinya dengan menggunakan sistem conversational commerce seperti ini, waktu menjawab pertanyaan dari para pelanggan jadi jauh lebih cepat, dan lebih hemat waktu. Apalagi, layanan chatbot ini juga aktif menjawab pertanyaan pelanggan selama 24 jam non stop. Artinya pelanggan dapat bertanya pada penjual secara langsung kapan saja, tanpa dibatasi oleh jam kerja.

3. Mampu menawarkan bantuan yang spesifik pada pelanggan

Yang menarik adalah layanan conversational commerce ini mampu memberikan layanan yang lebih personal pada setiap pelanggan.

Misalnya saja ada pelanggan yang ingin membeli celana pria, dan membutuhkan rekomendasi celana pria yang tepat. Dalam hal ini pihak pelanggan, dapat menuliskannya pada fitur chatbot. Berikutnya Chatbot akan menampilkan katalog dan memberikan rekomendasi sesuai dengan permintaan pelanggan.

Selain itu, ketika pelanggan mengajukan pertanyaan, dapat langsung dijawab oleh pihak penjual atau dalam hal ini oleh chatbot secara langsung. Sehingga respon yang akan diberikan, hasilnya dapat lebih spesifik, dan seperti yang diharapkan.

Demikianlah penjelasan tentang manfaat yang akan Anda dapatkan, ketika menggunakan fitur conversational commerce untuk bisnis online atau e-commerce yang sedang dijalankan. Pastinya dengan menggunakan fitur atau sistem conversational commerce tersebut, mampu menjembatani dengan baik, Anda sebagai penjual, dengan para pembeli atau para pelanggan lainnya dengan baik.

3 Manfaat Conversational Commerce Untuk Bisnis Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top